Kamis, 21 Januari 2016

Fisioterapi itu apa sih ?

PENGERTIAN FISIOTERAPI






FISIOTERAPI adalah bentuk pelayanan Kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan ( fisik, elektroterapeutis dan mekanis ), pelatihan fungsi, komunikasi.

FISIOTERAPIS adalah seseorang yang telah lulus pendidikan formal fisioterapi dan kepadanya diberikan kewenangan tertulis untuk melakukan tindakan fisioterapi atas dasar keilmuan dan kompetensi yang dimilikinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

ILMU FISIOTERAPI adalah sintesa ilmu biofisika, kesehatan, dan ilmu-ilmu lain yang mempunyai hubungan dengan upaya fisioterapi pada dimensi promosi, pencegahan, intervensi, dan pemulihan gangguan gerak dan fungsi serta penggunaan sumber fisis untuk penyembuhan seperti misalnya latihan, tehnik manipulasi, dingin, panas serta modalitas elektroterapeutik.

fisioterapi dan stroke

FISIOTERAPI & STROKE
Saat ini stroke merupakan salah satu penyebab utama kematian dan kecacatan.
Fisioterapi mempunyai peran utama dalam Rehabilitasi orang – orang yang menderita stroke, yakni membantu mereka untuk mengembalikan fungsi fisik seoptimal mungkin.

APA ITU STROKE
Otak di suplai oleh beberapa pembuluh darah utama. Pembuluh darah ini menjadi tersumbat atau pendarahan, mengakibatkan area jaringan otk menjadi rusak. Bentuk inilah yang di namakan stroke.

PROBLEM YANG TERJADI AKIBAT ADANYA STROKE
Berbagai permasalahan dapat terjadi tergantung pada bagian otak mana yang terkena, dan seberapa beratnya area yang rusak. Beberapa masalah yang umum yang timbul adalah :
Berkurangnya kontrol gerakan dan atau hilangnya rasa beberapa bagian anggota tubuh.
Kesulitan berjalan
Gangguan keseimbangan
Mempunyai masalah penglihatan
Mempunyai masalah berbicara dan atau mengerti pembicaraan
Kebingungan, memori yang jelek
Gangguan / kesulitan menelan
Menurunnya kemampuan kontrol emosi

FAKTOR UTAMA TERJADINYA STROKE
Satu atau beberapa faktor berikut meningkatkan resiko stroke :
• Tekanan darah yang tinggi
• Pengerasan atau pendangkalan pembuluh darah arteri, hal ini terjadi melalui periode waktu yang cukup panjang akibat dari timbunan lemak
• Penyakit jantung
• Stres
• Perokok
• Kelebihan berat badan

TANDA PERINGATAN
Kadang – kadang satu atau beberapa masalah diatas timbul akibat adanya stroke mungkin terjadi dalam periode waktu yang pendek. Ini disebut TIA (Transient Ischemik Attact), bila hal ini terjadi Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

MENGURANGI RESIKO STROKE
Check up medis secara teratur
Minum obat teratur sesuai anjuran dokter
Menghentikan merokok
Diet yang seimbang
Latihan / olah raga secara teratur
Berat badan yang ideal

BAGAIMANA FISIOTERAPI DAPAT MEMBANTU

Bagaimana fisioterapi memberikan memberikan latihan
Sebelum memulai fisioterapi akan melakukan assessmen mengenai kesulitan gerak yang diakibatkan oleh kondisi stroke. Dengan re¬eduation yang didasarkan pola gerak nomal fisioterapi akan melatih aktifitas fungsionalnya seperti berjalan dan menggunakan sisi yang mengalami kelemahan. Fisioterapi akan menggunakan berbagi metode atau tehnik latihan.
A. latihan ke berdiri dari posisi duduk.
B. Latihan berjalan
C. Latihan lengan

INTERVENSI AWAL
Penangana oleh fisioterapi seawall mungkin sangat penting untuk membantu proses pemulihan stroke. Terkadang proses pemulihan akibat stroke terjadi dalam waktu tiga bulan pertama ssetealah stroke, perbaikan fungsional akan berjalan terus sampai beerapa tahun. Pemberian program fisioterapi yang berkelanjutan akan memaksimalkan level pencapian pemulihan.

KEADAAN UMUM
Kebanyakan orang orang yeng terkena stroke akan mengawali penatalaksanaan di rumah sakit, selanjutnya akan datang secara rawat jalan, atau mengundang fisioterapi untuk melakukan program latihan di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar